Dampak Positif dan Dampak Negatif Globalisasi dan Modernisasi

Posted: 25 Oktober 2010 in General
Dampak Positif dan Dampak Negatif Globalisasi dan Modernisasi
21 Mei 2009

Dampak Positif
a. Perubahan Tata Nilai dan Sikap
……Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.
b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.
c. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik
Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak Negatif
Dampak negatif modernisasi dan globalisasi adalah sebagai berikut.
a. Pola Hidup Konsumtif
Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.
b. Sikap Individualistik
Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.
c. Gaya Hidup Kebarat-baratan
Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.
d. Kesenjangan Sosial
Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.
modernisasi dan globalisasi
pengertian modernisasi
arti kata modernisasi dengan kata dasar modren berasal dari bahasa latin modernus yang di bentuk dari kata modo dan ernus modo berarti cara dan ernus menunjuk pada periode waktu masa kini, modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju pada perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang modern. jadi modernisasi merupakan suatu proses perubahan sosial dimana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern
orang cenderung mengartikan modernisasi sebagai westernisasi terutama pada sikap pera pelakunya yang cenderung selalu meniru secara mutlak pengaruh barat yang masuk. jika orang tidak mengikuti cara ini, orang itu akan dianggap tidak modern walaupun banyak pengaruh barat yang masuk tidak cocok untuk ditiru bangsa kita. tidak sedikit orang beranggapan modernisasi sebagai suatu bentuk kebebasan yang tidak lagi menghiraukan norma-norma yang masih melekat pada suatu masyarakat.
pengertian globalisasi
globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan,investasi, perjalanan, budaya popular dan bentuk-bentuk interaksi yang lain.
dampak modernisasi dan globalisasi di indonesia
modernisasi sebenarnya identik dengan pembangunan. keduanya memiliki tujuan yang sama, yakni mewujudkan masyarakat yang maju atau modern sesuai dengan situasi dan kondisi zaman
namun, apabila kita melihat realitas sosial yang terdapat di masyarakat , banyak kita temui permasalahan sebagai akibat dan konsekuensi dari pembangunan itu sendiri, sebetulnya pembangunan harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari kondisi sebelumnya, namun kenyataannya, pembangunan dilakukan dilakukan dengan berbagai kekurangan dalam hal perencanaan, sumber daya manusia, pengawasan, dan moral karakter pelaksanaan.akibatnya dampak pembangunan kadang lebih dominan dari pada prestasi pembangunan, dampak pembangunan inilah yang disebut biaya sosial (sicial cost).
lunturnya eksistensi jati diri bangsa
globalisasi yang di tandai dengan semakin kaburnya sekat-sekat antar bangsa tertentu berdampak pada eksistensi jati diri bangsa itu sendiri . kita ambil contoh :
berkembangnya internet menyebabkan arus informasi dapat dinikmati oleh seluruh warga dunia dengan mudah tanpa dapat dikontrol oleh negara tersebut, ide-ide,nilai, dan norma yang tidak jarang bertentangan dengan ide, nilai,dan norma masyarakat suatu bangsa dengan mudah masuk dan mempengaruhi seseorang hanya dengan duduk di depan sebuah komputer.

DAMPAK MODERNISASI DAN GLOBALISASI DI INDONESIA
Kondisi Indonesia Saat Ini
Di tahun 2008 ini, Indonesia di mata dunia masih sangat kurang berkembang. Walaupun dunia pendidikan Indonesia sudah ada perubahan. Seperti alat-alat sekolah yang semakin beraneka ragam kecanggihannya. Lalu, adanya pertukaran pelajar antar daerah ataupun antar negara selain di bidang pendidikan, perubahan juga terjadi pada bidang politik. Dahulu, Presiden dipilih oleh anggota DPR, tapi sekarang Presiden dipilih langsung oleh rakyat. Modernisasi dan globalisasi membawa pengaruh juga pada manusianya. Seperti cara berpakaian yang ke barat-baratan, lalu gaya hidup Indonesia yang serba wah, serta terang-terangan dalam melakukan free sex yang mengakibatkan cepat menularnya virus HIV/ AIDS.
Dampak Modernisasi dan Globalisasi di Indonesia
Modernisasi adalah perubahan yang menunjukkan dari masyarakat tradisional ke masyarakat yang modern. Sedangkan globalisasi adalah adanya peningkatan kualitas, baik pada diri manusia atau kondisi yang sekarang ini. Dari adanya modernisasi, maka mengakibatkan dampak-dampak yang secara positif maupun negatif. Diantara dampak positif :

1. Urbanisasi

Urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari pekerjaan pertanian di desa ke pekerjaan industri di kota. Penyebab terjadinya urbanisasi/ daya tarik kota adalah :

1) Daya tarik ekonomi
Orang berbondong-bondong dari desa ke kota, karena ingin mendapatkan pekerjaan atau faktor-faktor tertentu, dikarenakan ingin mengubah nasib yang lebih baik lagi dari pada di desa.

2) Daya tarik sosial
Orang melakukan urbanisasi karena daya tarik kota, yang jika beruntung dan sukses bisa mengubah status sosial yang mulanya di desa hanya menjadi petani dan kehidupan serba pas-pasan. Di kota bisa saja menjadi sukses dan bisa membantu orang-orang di sekitarnya.

3) Daya tarik pendidikan
Karena masyarakat kota yang bersifat terbuka akan modernisasi dan globalisasi, maka kemajuan di dunia pendidikanpun dapat kita rasakan. Karena di desa masih sedikit akan adanya sekolahan. Maka orang desa, urban ke kota untuk bisa merasakan pendidikan yang dikira cukup dan berstandart.

4) Daya tarik budaya
Pusat hiburan biasanya terfokus di kota-kota, sehingga kota merupakan daerah yang sangat siap menerima perubahan modernisasi dan globalisasi. Untuk itu orang desa memilih tinggal di kota supaya tidak menjadi orang yang serba terbelakang. Tetapi untuk yang satu ini, jika orang desa belum siap menerima perubahan, maka akan menjadikan dia mestizo culture.
Jumlah penduduk kota akhirnya menjadi bertambah karena kedatangan orang desa, sehingga menimbulkan permasalahan, diantaranya :
1) Penduduk desa semakin berkurang.
2) Banyak sawah, ladang atau tegalan yang terbengkalai.
3) Hasil panen menurun.
4) Kesejahteraan masyarakat menurun.
5) Semakin banyaknya pengangguran di kota.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s